gravatar

JEPANG JAPAN NIPON

kalo melirik pada teman-teman gw, banyak bgt yg suka bahkan tergila-gila akan JEPANG.

ga sedikit dari teman gw yang memiliki nickname bahasa JEPANG,
membangga-banggakan sebuah band asal JEPANG, dan seakan-akan BANGSA JEPANG itu merupakan BANGSA BERWIBAWA TERHORMAT BESAR AGUNG dan sebagainya.

jadi teringat ketika gw belum tidur di suatu malam yang cukup larut, gw nonton sebuah acara di TV tentang "JUGUN IANFU".

ngeri gw ngebayangin apa-apa yang dikatain oleh orang tua jaman dahulu yang gw saksiin di TV, dan orang tua-orang tua itu adalah mantan JUGUN IANFU.

Jugun Ianfu adalah istilah buat wanita penghibur yang terlibat perbudakan sex selama Perang Dunia II.

gw jd ga simpati sama negara matahari ini setelah gw nonton tayangan itu, gimana kejamnya negara asia ini pada jaman dahulu.

sebenernya gw sering diajarin dahulu ketika di bangku sekolah, kalo Indonesia di jajah Belanda selama 3,5 abad dan 3,5 tahun oleh Jepang. Yang jadi perhatian gw adalah ternyata penjajahan Jepang yang meskipun cuma 3,5 tahun lebih kejam daripada penjajahan Belanda.

Untung aja, Jepang kalah di PD II oleh sekutu, dan Indonesia dengan segera memproklamirkan kemerdekaannya setelah Indonesia dikosongkan oleh Jepang sebelum tentara Sekutu datang ke Indonesia.

pengakuan salah satu jugun ianfu : dengan dalih mendapatkan pendidikan, para perempuan dipaksa untuk dibawa ke borneo (kalimantan), selama 3hari lebih diperjalanan yang melelahkan akhirnya sampai juga di kamp pusat tentara jepang.

dah ah... lain kali di sambung,, mo kerja dulu.

Nambahin sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Jugun_ianfu
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0305/09/0309.htm
http://www.sekitarkita.com/more.php?id=616_0_1_0_M1


wallohu'alambishowab