gravatar

Ruby on Rails

sy lagi nyari2 bahan mengenai RubyOnRails...
dan ternyata banyak banget pelajaran yg bs bikin sy lebih memahami lg Rails di dalam Ruby.

beberapa sites di bawah ini mungkin bisa membantu yg sedang belajar rails :
1. http://railscasts.com
banyak banget video2 tutorialnya di sini, langsung download aja videonya terus pantengin, fahami dan dijamin gampang banget buat di implementasiinnya.

2. http://technoweenie.stikipad.com
site ini sy yakin berguna banget, karena udah disertai contoh2 scriptnya langsung dengan nama filenya segala, gampang banget di ikutin. Juga banyak disediain di sini plugins2 buat rails di dalam ruby yang bisa bikin gampang ngebuat site based on rails framework.

3. http://www.onrails.org/articles
pokoknya site ini harus jadi pertimbangan dan silakan kunjungi kalo ingin nambah2 koleksi tutorial dan artikel tentang rails.

4. http://railsenvy.com/
di sini juga disedian video tutorial bikin aplikasi pake rails.

5. http://agilewebdevelopment.com
mungkin perlu juga buat sekali-kali mampir ke site ini, siapa tau ada yang sesuai dengan kebutuhan.

6. http://toolmantim.com
cobain deh kunjungi site ini, dijamin ga bakalan rugi, banyak juga artikelnya.

7. http://www.workingwithrails.com
mmm... no comment deh.. yang jelas pas waktu browsing2 site tutorial rails, disana pada ada link ke site ini, sy nyobain aja daftar dan ternyata udah pernah daftar ga tau kapan.

8. http://rails.aizatto.com/
ga tau sih persisnya site ini dalemnya apa aja. sy nge-checkout salahsatu plugins di site ini yang ga tau persis bwat apa. cobain aja dateng.

9. http://ariekusumaatmaja.wordpress.com
kalo ini pake bahasa indonesia, salah satu moderator di id-ruby@yahoogropus.com. udah expert orang ini, kalo mau nanya2 ama dia, gabung aja di komunitas ruby indonesia di id-ruby@yahoogroups.com.

10. masih banyak lagi sih yang belum sy tulis, mungkin kalo ada yang bs share tempat biasanya belajar ato nyari tutorial rails di dunia maya ini bisa sekalian nambah2in daftar ini.

wallohu'alambishowab