gravatar

Update Antivirus

Bicara tentang antivirus, pasti tiap orang beda-beda pilihannya. Ada yang bilang Norton yang terbagus, trus McAfee yang terbaik, trus AntiVir yang paling top, dan berbagai macam antivirus lain yang ada.

Katanya, kalo pake Norton bisa ngedetect virus terbaru, yang ngedukung McAfee pun ga kalah ngepromosiin diri dan begitupun orang yang yakin antivirus kesukaannya ga kalah ngotot bilang sana-sini kalo antivirusnya yang paling top.

Kalo ada yang pernah nyobain satu persatu antivirus yang ada, kayaknya orang itu bakal tau sendiri mana antivirus yang enak buat dipake di komputernya.

Yang pasti sih, antivirus yang baik dan benar adalah yang bisa ngedetect virus, worm, atopun trojan-trojan yang baru. Tapi sebesar apapun perusahaan yang bikin antivirus, tentunya pasti ga akan langsung ngedetect virus yang baru muncul.

Si Antivirus tersebut harus bisa ngenalin virus itu apa dan mencari tahu sifat-sifat si virus tersebut. Untuk kemudian dibuat penawarnya.

Jadi berbagai macam antivirus yang kebanyakan dari kalangan internasional, seperti McAfee, Norton, AVG, dan sebagainya biasanya sih bisa ngedetect jenis virus-virus internasional juga.

Jadi permasalahannya adalah jika virus tersebut adalah virus lokal yang dibikin oleh orang indonesia sendiri. Si Antivirus terbaik di dunia pun susah untuk mendetect kalo itu virus.

Untuk itu, lebih baiknya contoh si virus lokal tersebut dikirim ke empunya antivirus. Untuk dicarikan penawarnya dan dimasukin ke dalam database definition filenya.

Gw sendiri sih pernah nyobain McAfee untuk waktu yang lama karena enak dan mudah untuk ngeupdate, meskipun harus ke warnet buat ngedownload updateannya.

Trus gw ganti ke Norton, yang juga lumayan gampang updatenya. Nah, sekarang lagi nyobain pake AntiVir yang katanya lebih ringan buat komputer dengan virus yang sudah dikenal sebanyak 80,000 lebih jenis virus di seluruh dunia.

Untuk yang mau ngedownload updatean Norton, bisa di cari di sini :
http://www.symantec.com/avcenter/download/pages/US-N95.html

kalo gw pake norton 7 di xp, jadi gw milih updatean yang paling atas. Kalo yang mau updatean Norton tgl 5 juli 2007 klik aja :
http://definitions.symantec.com/defs/20070705-017-i32.exe

Untuk antivir yang di install di windows XP, url downloadnya cuma satu ga ganti-ganti, yaitu :
http://dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip

Untuk antivir di Windows 9x, klik di :
http://dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_9x_en.zip

Untuk McAfee, anda bisa baca artikel gw tentang McAfee update di blog ini.
wallohu'alambishowab